26 Rekomendasi Anime Romance Terbaik : Eksklusif untuk Para Jomblo

Dulu gw pernah baca thread di forum MyAnimeList yang menanyakan alasan kenapa menonton anime romance..

Jawabannya bervariasi. Ada yang nonton anime romance supaya lebih memahami perasaan lawan jenis, supaya lebih memahami makna cinta, dan lain sebagainya.

Pokoknya jawabannya itu jijik banget bagus-bagus.

Kalo gw mah simpel..

Kebetulan di dunia nyata gw belom punya jodoh (bilang aja jomblo! ribet banget dah lu). Dan gw belom pernah merasakan pahit-manis-nya cinta itu kaya gimana. Makanya gw nonton anime romance xD

Miris banget yaa (╥﹏╥)

Oke cukup basa-basinya. Kebanyakan dengerin curhatan gw gak baek buat kesehatan. Langsung aja disimak daftar anime romance terbaik dibawah ini :

Shigatsu wa Kimi no Uso

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya keterpurukan.

Kadang kala, niat dan motivasi diri itu tidak cukup untuk membuat kita bangkit dan kembali melangkah dalam hidup.

Kita butuh peran orang lain. Baik itu orang tua, kakak, adik, pacar ataupun temen.

Begitupun dengan pianis yang bernama Arima Kousei.

Kehidupannya berubah menjadi monoton semenjak ibu yang juga guru pianonya dipanggil oleh yang Maha Kuasa.

Dia mengalami trauma mendalam yang menyebabkannya tidak bisa mendengar suara alunan piano yang dimainkannya sendiri.

Akibatnya, lambat laun, dia pun kehilangan motivasi untuk bermain piano lagi.

Hingga suatu hari, setelah 2 tahun tidak pernah menyentuh piano kesayangannya, dia bertemu dengan seorang wanita bernama Miyazono Kaori yang secara tulus membantunya untuk keluar dari zona keterpurukannya.

Namun, ketika Kousei berhasil keluar dari zona tersebut, ketika dia sudah termotivasi untuk bermain piano lagi dan ketika dia jatuh cinta kepada Kaori..

Sayangnya Kaori harus... UWAAAAAA *Tiba-tiba jadi kepengen nangis*

Sisanya lo tonton sendiri aja deh..

Bakuman

Bakuman bercerita tentang 2 murid SMP, Azuki Miho & Mashiro Moritaka yang berencana untuk menikah ketika keduanya telah sukses di bidangnya masing-masing.

Yaitu : saat manga Mashiro diangkat menjadi anime dan Azuki menjadi seiyuu dari heroine di anime tersebut.

Agar tidak lalai dalam meraih mimpinya tersebut, Azuki & Mashiro juga berkomitmen untuk membatasi jam pacaran mereka.

..Well, sebenernya rada aneh juga sih. Kisah cintanya telalu dibuat-buat. Kayanya hampir gak ada deh anak SMP yang kepikiran buat nikah.

Gw aja yang udah kuliah belom kepikiran sampe kesana. Mungkin gara-gara belom ada jodohnya kali ya xD

Tapi seenggaknya, ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kisah cinta mereka berdua.

Bagaimana cara mereka memaknai cinta sebagai motivasi untuk berkarya itu bener-bener patut untuk diacungi jempol.

Beda banget dengan remaja jaman sekarang yang sering kali menjadikan cinta sebagai alat untuk pemuas nafsu birahi.

Sakurasou no Pet na Kanojo

Anime ini bercerita tentang Kanda Sorata. Dia dikeluarkan dari asrama reguler di sekolahnya karena bersikeras untuk memelihara kucing yang diabaikan oleh pemiliknya.

Karena keputusannya tersebut, Sorata pun harus rela untuk dipindahkan ke Asrama Sakurasou (Asrama tempat murid-murid bermasalah).

Hidup berdampingan dengan orang-orang sinting di asrama barunya itu membuat Sorata stress bukan kepalang..

Apalagi semenjak kehadiran penghuni baru bernama Shiina Mashiro.

..Mashiro ini gokilnya kebangetan. Sifat lugunya bener-bener bikin gw gak bisa berenti ngakak.

Dibalik penampilannya yang super elegan, dia sama sekali gak bisa mengurus dirinya sendiri..

Alhasil, mau gak mau Sorata pun harus mengurus Mashiro mulai dari bangun tidur, sarapan, berangkat sekolah dan hal-hal lainnya.

Enak banget ye hidupnya..? Hidupnya Sorata maksud gw.

..Pokoknya Mashiro ini ngegemesin bukan maen deh. Apalagi saat dia mulai mengenal "Apa itu cinta"

KYAAAAA~ Sukses berat bikin gw meluk-meluk guling sendiri sambil berandai-andai betapa bahagianya kalo punya cewek kaya dia xD

Honey & Clover

Tidak seperti anime-anime diatas, disini gw gak bakal jelasin detail ceritanya itu kaya gimana..

Bukannya gak mau, tapi agak bingung juga mau nulis apa xD

Yang jelas, banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kalian petik didalamnya. Terutama untuk kalian yang sedang duduk di bangku perkuliahan.

Segi romance-nya pun cukup menarik untuk ditonton..

Hanya saja, disini lo gak bakal liat kisah romantis antar karakternya. Karena memang fokusnya bukan kearah situ.

Jadi, tema cerita cinta di Honey and Clover itu tentang "belajar mengikhlaskan" dan "belajar membuka lembaran baru".

Plastic Memories

Plastic Memories mengambil latar waktu di masa depan — Dimana manusia telah berhasil menciptakan Giftia..

Giftia itu adalah suatu android yang mempunyai fungsi tubuh dan juga perasaan yang sama percis seperti manusia.

Hanya ada satu hal yang membedakan Giftia dengan manusia..

Giftia hanya mempunyai masa aktif (waktu hidup) selama 81.920 jam saja. Atau sekitar 9 tahun 4 bulan saja.

..Ceritanya sendiri berkisah tentang seorang pemuda bernama Mizugaki Tsukasa yang jatuh cinta dengan Giftia bernama Isla.

Sudah banyak kenangan manis yang Tsukasa lalui bersama Isla. Dan kebersamaan itu lah yang membuat Tsukasa sadar kalo dia benar-benar menyanyangi Isla.

Di sisi lain, Tsukasa pun harus bisa menerima kenyataan kalo Isla hanyalah Giftia — yang waktu matinya sudah ditentukan.

..Hmmmm. Dari sinopsisnya aja udah keliatan banget yee sedihnya itu kaya gimana..?

Golden Time

Anime ini bercerita tentang mahasiswa baru bernama Tada Banri.

Dulu dia pernah mengalami kecelakaan parah yang menyebabkan dia kehilangan hampir semua ingatannya. Alhamdulillah-nya sih gak sampe meninggal.

Jadi, Bagi Banri, kuliah itu ibarat memulai hidup baru.

Pada awalnya, kehidupan Banri berjalan lancar. Selain mendapatkan banyak teman baru, dia juga mendapatkan pacar bernama Kaga Kouko yang mencintainya sepenuh hati.

Namun, Belum lama setelah dia berpacaran dengan Kouko, ingatannya yang hilang pun kembali. Dia teringat kalo dulu dia pernah mencintai Linda yang TERNYATA..

..adalah kakak angkatannya sendiri di kampus.

Berhubung ada larangan poligami Mau gak mau, Banri harus milih dong salah satu diantara Kouko dan Linda..?

Clannad

Ini diaaa anime yang bersinar lewat dramanya yang nyesek bin nampol yang *katanya sih* sukses besar dalam membuat penontonnya banjir air mata.

Serius deh, Tetangga gw aja sampe curcol katanya katanya dia nangis bombay gara-gara maraton nonton Clannad 2 season sekaligus.

Agak lebay sih, tapi ada benernya juga..

Gw juga berani bilang kalo Clannad ini anime paling sedih yang pernah gw tonton.

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!

Anime ini bercerita tentang Togashi Yuuta yang sengaja sekolah di SMA yang jauh dari rumahnya agar tidak bertemu dengan teman SMP-nya.

Alasannya, pas SMP Yuuta pernah jadi pengidap chuunibyou. Dan sekarang, dia ingin mengubur masa lalunya sebagai seorang chuunibyou.

Tapi sayang, takdir berkata lain. Kayanya Yuuta emang belom boleh tobat dari dunia per-chuunibyou-an.

Di sekolah barunya tersebut, dia malah dipertemukan dengan seorang cewek super koplak yang bernama Takanashi Rikka..

Gak usah jauh-jauh dari sifatnya. Dari penampilannya aja udah keliatan jelas kalo Rikka itu pengidap chuunibyou stadium 4.

Udah gak ada obat pokoknya xD

Darisini lah awal mula kedekatan antara Yuuta dan Rikka yang nantinya berujung pada kisah percintaan :)

Akagami no Shirayuki-hime

Gimana sih perasaan lo ketika dipaksa untuk berpacaran ataupun menikah dengan orang yang gak lo cintai..?

Masih mending lah yaa.. Daripada ngejomblo..

Tentu gak akan bahagia kan..?

Yup.. Kira-kira seperti itu lah perasaan Shirayuki saat pangeran di negaranya memilihnya untuk dijadikan selir/istri simpanan.

Makanya dia memutuskan untuk melarikan diri dari negaranya..

Di perjalanannya, dia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Zen yang ternyata adalah pangeran dari negara tetangga.

Mengetahui masalah yang sedang dihadapi oleh Shirayuki, Zen pun mengajak Shirayuki untuk tinggal di negaranya. Dengan tujuan, agar Shirayuki bisa terbebas dari gangguan pangeran yang ingin menikahinya.

Padahal sebenernya mah cuma modus doang itu.

Toradora

Toradora bercerita tentang 2 murid SMA yang paling ditakuti di sekolahnya, Aisaka Taiga dan Takasu Ryuuji

Yang satu karena "keganasannya" dan yang satunya karena wajahnya yang sangar kaya preman tanah abang.

..Suatu hari, ada insiden lucu yang membuat mereka mengetahui rahasia satu sama lain.

Ryuuji jadi tau kalo Taiga menyukai sahabatnya (Kitamura Yuusaku) dan Taiga pun jadi tau kalo Ryuuji menyukai sahabatnya (Kushieda Minorin).

Akhirnya, Berhubung udah sama-sama terlanjur basah, mereka pun sepakat untuk saling membantu dalam urusan percintaan.

Ao Haru Ride

Sejomblo-jomblonya kalian, pasti pernah kan ngalamin yang namanya jatuh cinta..?

Sekarang bayangin, gimana sih perasaan lo ketika orang yang lo cintai itu tiba-tiba menghilang dari hidup lo..

Dan selang beberapa tahun kemudian, orang tersebut muncul lagi di kehidupan lo. Hanya saja, dia sudah berubah total dari yang lo kenal sebelumnya.

Masihkah lo mencintai orang itu..?

..Kira-kira seperti itu lah garis besar cerita Ao Haru Ride.

Saat SMP, Yoshioka Futaba naksir dengan cowok bernama Tanaka Kou, begitupun sebaliknya. Sayangnya, mereka harus terpisahkan sebelum sempat menyatakan cintanya ke satu sama lain.

Saat SMA, mereka dipertemukan kembali. Akan tetapi, sekarang keduanya sudah berubah total.

Lalu, bisakah cinta lama mereka bersemi kembali..?

Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke bercerita tentang seorang murid SMA bernama Kuronuma Sawako.

Di sekolah, dia dipanggil "Sadako" karena kemiripan namanya dan juga penampilannya dengan salah satu Hantu Jepang. Garing banget yee bercandaannya orang Jepang.

..Banyak rumor buruk yang beredar tentang dirinya, seperti : dia bisa melihat & memanggil hantu; dia bisa bikin sial dan lain sebagainya.

Rumor itu lah yang menyebabkan gak ada satu pun orang yang mau ngobrol, apalagi berteman dengannya.

Kecuali satu orang, Kazehaya Shouta. Cowok paling populer di sekolahnya.

Cuma Shouta satu-satunya orang di sekolahnya yang memperlakukan Sawako secara normal. Bukan sebagai bahan cibiran. *Ciyee Ciyee

Nagi no Asukara

Meskipun lo jomblo, tapi gw yakin seenggaknya lo pernah ngalamin salah satu dari gejala-gejala dibawah ini :
  • Suka sama seseorang, tapi ternyata orang itu suka sama sahabat lo sendiri
  • Nembak orang yang lo suka, padahal udah tau kalo bakal ditolak *Jadi yaa supaya lega aja
  • Terlalu fokus sama seseorang yang *pada akhirnya* menolak lo, sampai-sampai lo gak sadar kalo ada orang lain yang menganggap diri lo itu spesial
  • Udah lama suka sama seseorang, tapi rasanya SUSAAAAH banget buat nembak orang itu
Kalo pernah, berarti lo udah siap menyelam kedalam permainan romantika yang nantinya akan disuguhkan oleh anime ini.

Kalo belom pernah, gw bantu doa supaya lo bisa dapet jodoh secepatnya. Miris euy.

#UdahGituAja

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Kalo boleh jujur, sebenernya agak ragu juga sih mau masukin Gekkan Shoujo Nozaki-kun ke daftar ini atau nggak..

Soalnya unsur romance di anime ini cuman sebagai alat untuk menciptakan humor saja (Lebih menonjolkan sisi komedinya).

Tapi.. #AhYasudahlah

Jadi ceritanya itu tentang perjuangan Sakura Chiyo untuk menyatakan cintanya ke Shoujo Mangaka yang bernama Nozaki Umetarou.

Ntah udah berapa kali si Chiyo ini modus supaya Nozaki sadar kalo dia itu naksir ke Nozaki.

Cuman, Berhubung si Nozaki ini rada pekok bin goblog, perasaan cinta Chiyo pun tak pernah tersampaikan..

Sampai pada akhirnya, hubungannya dengan Nozaki pun hanya sebatas hubungan antara mangaka dengan asistennya. Bukan sebagai pacar xD

Cuma itu?
Ooh.. Tentu tidak.

Selain Chiyo x Nozaki, anime ini juga masih punya kisah cinta lain yang gak kalah koplak dari mereka berdua.

Pokoknya kocak abis deh..

Spice & Wolf

Anime ini mengisahkan kehidupan manusia pada abad pertengahan.

Pada saat itu, pemikiran umat manusia masih primitif, mereka masih bergantung kepada Horo (Dewi Serigala) untuk mempertahankan kesuburan ladang gandum mereka.

Akan tetapi, lama kelamaan kepercayaan itu pudar. Mereka mulai berfikir kalo tanpa Horo pun mereka bisa hidup sejahtera.

Merasa sudah tidak diperlukan lagi, Horo pun berniat untuk kembali ke kampung halamannya.

Dan kebetulan, dia bertemu dengan Traveling Merchant yang bernama Lawrance. Holo pun meminta Lawrence untuk membawanya pulang ke kampung halamannya.

Oiya.. Bagi yang belum tau, Traveling Merchant itu semacam pedagang yang melakukan jual beli antar kota.

Analogi gampangnya itu seperti Reseller Maicih yang beli keripik di Bandung terus di jual-jualin ke seluruh kota di Indonesia xD

Singkat cerita, anggap saja Lawrance sudah bersedia mengantar Horo pulang.

Nantinya (Selama perjalanan mereka), kita bisa melihat kisah cinta penuh dengan pengorbanan serta dialog seru yang menghiasi kisah romatis mereka.

Akatsuki no Yona

Anime ini bercerita tentang puteri kerajaan bernama Yona yang dikhianati oleh orang yang ia cintai sejak kecil.

Suatu malam, dia melihat orang yang dicintainya itu membunuh ayahnya guna mengambil alih tahta kerajaan.

Sebagai saksi mata, Yona pun nyaris menjadi korban. Beruntungnya, salah satu pengawal kerajaannya berhasil menyelamatkan dan membawanya keluar dari istana.

Insiden tersebut membuat Yona bertekad untuk membalaskan dendam ayahnya. Meskipun sebenarnya, Yona masih menyimpan perasaan cinta ke orang tersebut.

Kaichou wa Maid-sama!

Anime ini bercerita tentang Ayuzawa Misaki, ketua OSIS di SMA Seika yang dimana mayoritas muridnya itu cowok.

Sebagai ketua OSIS, dia berusaha semaksimal mungkin untuk menekan tingkat kebrandalan para murid cowok di sekolahnya.

Alhasil, Misaki pun dicap sebagai ketua iblis oleh para cowok di sekolahnya.

..Ada satu fakta menarik tentang Misaki.

Dibalik kebenciannya terhadap cowok, setiap pulang sekolah, dia kerja part time sebagai maid yang tugasnya itu 'melayani' cowok-cowok kesepian.

Dia bekerja sebagai maid untuk membantu keuangan keluarganya.

Karena pada dasarnya, pekerjaan tersebut tidak terlalu berat namun bayarannya cukup tinggi. Sehingga tidak akan mempengaruhi aktivitas sekolahnya.

Tapi bagaimanapun juga, Misaki gak mau pekerjaannya itu diketahui oleh murid sekolahnya. Kalo sampe ketauan, citranya sebagai ketua OSIS bisa hancur dong..?

..Hingga suatu hari, hal yang dikhawatirkannya pun terjadi. Pekerjaannya itu kegap oleh Usui Takumi, murid cowok paling populer di sekolahnya.

Darisini lah awal mula terciptanya kisah komedi romantis yang mengundang tawa xD

Gosick

Rata-rata anime tentang detektif itu jalan ceritanya hampir sama percis dengan lirik lagu Lenka - Trouble is a friend..

Kemana pun si tokoh utama pergi, pasti selalu kedapetan masalah..

Gosick juga kaya gitu. Kujo dan Victorique seringkali dihadapkan dengan suatu masalah yang tak jarang mengancam keselamatan nyawa mereka.

Namun, lewat masalah-masalah itu lah Kujo dan Victorique bisa saling memahami kepribadian satu sama lain. Dan pada akhirnya, muncul lah rasa cinta di hati keduanya..

Ano Natsu de Matteru

Ano Natsu de Matteru disutradarai oleh Nagai Tatsuyuki yang juga menangani anime-anime seru seperti Toradora dan Anohana.

Bagi yang udah nonton, pada sadar kan kalo anime ini punya konflik percintaan belibet kaya Toradora dan ending yang nendang kaya Anohana..?

Yaa meskipun pada akhirnya, sayang seribu sayang, anime ini tidak mampu menyaingi kegemilangan kedua anime pendahulunya.

Tapi bukan berarti jelek loh ya. Tetep worth-to-watch kok..

..Ceritanya sendiri berkisah sekelompok murid SMA yang memutuskan untuk menghabiskan liburan musim panas bersama-sama.

Nantinya, Selama musim panas tersebut, lo bisa menyaksikan fenomena cinta segi banyak yang cukup menarik untuk ditonton.

Isshuukan Friends

Anime romance berkedok friendzone..

Bercerita tentang seorang cowok yang bernama Hase Yuki yang jatuh cinta dengan cewek paling pendiam di kelasnya, Fujimiya Kaori.

Sayangnya, hubungan mereka tidak bisa lebih dari hanya sekedar teman saja..

Soalnya Kaori menderita suatu penyakit aneh yang membuat dia kehilangan ingatannya akan orang-orang terdekatnya setiap seminggu sekali.

Mau tidak mau, Hase pun harus menerima kenyataan pahit ini..

..Pokoknya, anime ini cocok banget buat lo semua para jomblo akut korban friendzone..

Kali aja lo mau bernostalgia dengan masa-masa indah saat di-friendzone-in sama cowok/cewek yang lo sukai :P

Soredemo Sekai wa Utsukushii

Kayanya ini satu-satunya anime bertema pernikahan politik yang gw tonton deh..

Bercerita tentang seorang puteri Kerajaan Hujan bernama Remercier Nike yang diminta orang tuanya untuk menikah dengan raja Kerajaan Matahari atas alasan diplomatis.

Kalo gak gitu, keselamatan negaranya bisa terancam bahaya. Soalnya raja Kerajaan Matahari (yang bernama Livius) itu terkenal dengan reputasinya sebagai penakluk negara lain.

Singkat cerita, Nike pun berangkat ke Kerajaan Matahari untuk bertemu dengan sang raja.

Dia kaget, ternyata Raja Livius itu seorang bocah laknat anak kecil.

..Namanya juga pernikahan politik, tentu saja Nike tidak langsung jatuh cinta ke Livius.

Apalagi setelah tau kalo Livius itu seorang bocah yang umurnya 5 tahun dibawahnya.

Begitupun sebaliknya. Tujuan Livius menikahi Nike hanya karena dia tertarik dengan kekuatan Nike yang mampu menurunkan hujan. Gak lebih dari itu.

Namun, setelah hari demi hari mereka habiskan bersama, setelah konflik demi konflik mereka lalui bersama, akhirnya mereka pun bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dalam artian, mencintai satu sama lain setulus hati.

Bokura wa Minna Kawaisou

Fall in love at first sight..

Kalo diinget-inget, udah banyak banget ya anime romance yang mengangkat tema cinta pada pandangan pertama.

Begitu juga dengan Bokura wa Minna Kawaisou.

..Anime ini bercerita tentang Usa Kazunari yang jatuh cinta pada Kawai Ritsu di pandangan pertamanya. Tepatnya saat ia melihat Ritsu yang sedang membaca buku di perpustakaan.

Usa bener-bener terpesona dengan kecantikan Ritsu. Dia berharap, agar ia bisa jadian dengan cewek yang ditemuinya itu.

Dan apa yang diharapkannya pun terjadi. Emang yee doa jomblo itu mujarab banget.

..Tak disangka, ternyata Ritsu itu tinggal di kosan yang sama dengannya. Dengan begini, kemungkinan untuk mendapatkan cinta Ritsu semakin lebih besar dong..?

Kalo mau tau, langsung aja ditonton :P

Oiya.. Kalo lo suka dengan Sakurasou no Pet na Kanojo, gw jamin lo bakal suka dengan anime ini.

Soalnya dua-duanya sama-sama anime romance-comedy yang menceritakan kehidupan "orang-orang aneh" di suatu asrama/kosan campuran.

Nisekoi

Nisekoi bercerita tentang anak ketua mafia bernama Ichijou Raku.

Dia terpaksa harus berpacaran dengan Kirisaki Chitoge yang juga merupakan anak ketua mafia seperti dirinya.

Mereka berdua sengaja dijodohkan oleh ayahnya masing-masing guna mencegah terjadinya perang mafia antara kedua belah pihak.

Awalnya, Raku keberatan dengan keputusan ayahnya tersebut. Alasannya, orang yang dia cintai bukan lah Chitoge, melainkan teman sekelasnya yang bernama Onodera Kosaki.

Begitupun dengan Chitoge. Dia juga tidak mencintai Raku.

..Lagian Raku dan Chitoge itu gak pernah akur. Setiap hari pasti ada aja masalah yang membuat mereka berantem.

Lalu gimana sih jadinya kalo mereka yang biasanya saling menghina tiba-tiba harus sayang-sayangan satu sama lain..?

Yup.. Disitulah daya tarik dari Nisekoi. Kisah cinta antara Raku dan Chitoge dijamin bisa bikin penonton ngakak gak karuan xD

Selain itu, kita juga disuguhkan dengan kisah masa kecil Raku yang bikin anime ini gak tamat-tamat semakin memperseru konflik cinta yang ada di anime ini.

Onodera ke laot aja!!

Ore Monogatari!!

Ada satu keunikan di anime ini..

Coba liat gambar diatas. Karakter cowok di Ore Monogatari ini punya postur tubuh super gaban dengan wajah yang mirip gorilla.

Mukannya aja hampir nutupin layar, gimana badannya coba..?

Berkebalikan dengan tradisi anime shoujo yang biasanya karakter cowoknya itu 11/12 sama gw ganteng, jago di segala bidang dan lain sebagainya.

..Cowok tersebut bernama Gouda Takeo.

Dengan penampilan yang apa adanya, sulit bagi Takeo untuk mendapatkan pacar. Padahal sebenernya Takeo itu rajin menabung & tidak sombong subhanallah banget akhlaknya.

Cuma yaa apa daya..

*Uhuk* *Uhuk* Tau sendiri kan kalo rata-rata cewek jaman sekarang itu hanya menilai cowok dari harta dan penampilannya saja..?

..Cerita di anime ini dimulai ketika ada cewek yang jatuh cinta kepada Takeo. Setelah Takeo menolongnya dari orang mesum yang meng-grepe pantatnya di kereta.

Darisitu lah kisah komedi romantis antara Takeo dengan cewek bernama Yamato Rinko pun dimulai.

Saenai Heroine no Sodatekata

Saekano bercerita tentang kehidupan Otaku garis keras bernama Aki Tomoya.

Di tengah kesibukan sekolahnya, dia rela meluangkan waktunya untuk bekerja paruh waktu agar bisa memenuhi kebutuhan seputar hobi mahalnya tersebut.

..Pada musim spring, di sebuah bukit yang dipenuhi bunga sakura, dia bertemu dengan seorang cewek yang membuatnya terpesona.

Tak diragukan lagi, pertemuannya itu merupakan momen paling romantis yang pernah ia rasakan seumur hidupnya.

Oleh karena itu, dia berniat mengabadikan momen tersebut dengan membuat suatu game yang dimana heroine dari game yang akan dibuatnya itu mengacu pada cewek yang ditemuinya tersebut.

Dan lucunya, setelah dia membulatkan tekadnya untuk membuat game tersebut, dia mengetahui kalo cewek idamannya tersebut TERNYATA..

..adalah temen sekelasnya sendiri yang bernama Katou Megumi.

Yamada-kun to 7-nin no Majo

Naah.. Kalo ini sih rekomendasi buat lo yang lagi nyari anime romance yang banyak kissing scenes (adegan ciumannya).

Serius deh, di anime ini, ciuman itu udah jadi hal yang biasa..

Ceritanya sendiri berkisah tentang kisah cinta antara Yamada Ryu dengan Shiraishi Urara.

Yamada ini tipikal cowok delinquent di anime. Bodoh, doyan berantem, sering telat dateng ke sekolah dan sebagainya.

Karena sifatnya tersebut, tidak ada satu pun murid yang mau berteman dengannya.

Kalo urara kebalikan dari Yamada. Pokoknya tipikal karakter cewek yang cocok sama gw gitu deeeh xD

Namun.. Kecantikan, kepribadian dan kecerdasannya justru membuat cewek-cewek di kelasnya dengki dan mem-bully-nya

Hal itu lah yang membuat dia (dan juga Yamada) beranggapan kalo sekolah itu tempat yang membosankan.

..Kedekatan antara Yamada dan Urara bermula ketika terjadinya suatu kejadian misterius yang membuat mereka bertukar tubuh.

Uniknya, setelah diteliti, ternyata pertukaran tubuh itu disebabkan oleh C.I.U.M.A.N.

Setelah mengetahui hal tersebut, mereka seringkali bertukar tubuh untuk saling membantu dalam menyelesaikan masalah satu sama lain.

Dan seiring berjalannya waktu, muncul lah benih cinta di hati keduanya. Sekolah pun berubah menjadi tempat yang menyenangkan bagi mereka berdua.


Itu lah 26 anime romance yang udah pernah gw tonton beserta penilaian gw pribadi terhadap anime tersebut.

Sekian, terima kasih :)