20 Anime Comedy Terbaik : Paling Lucu & Gokil

Gak tau kenapa, lagi demen banget nonton anime-anime yang kocak.

Mungkin karena lagi butuh refreshing kali ya?

Berhubung di dunia nyata gw selalu dipusingkan dengan skripsi laknat yang tak kunjung kelar #AlahCurhat

Naah, sekarang saya ingin berbagi daftar anime comedy terbaik yang sudah pernah saya tonton beberapa bulan belakangan ini — yang disertai penilaian saya pribadi terhadap anime-anime tersebut.

Rencananya sih untuk memudahkan kalian dalam memilih mana anime yang harus ditonton terlebih dahulu dan mana anime yang bisa ditonton belakangan.

Okay langsung aja cekidot bray :

Anime Comedy Terbaik

Hataraku Maou-sama!

HataMaou bercerita tentang raja iblis yang terkenal bengis. Yang tidak segan-segan membuat umat manusia hidup dalam penderitaan.

Suatu hari, umat manusia melakukan perlawanan besar-besaran. Dan mereka pun berhasil mengalahkan pasukan raja iblis.

Karena terdesak, raja iblis pun memutuskan untuk kabur ke dimensi lain. Malangnya, dia malah terlempar ke bumi, dimana dia tidak bisa menggunakan kekuatannya secara penuh.

Berbeda dengan Ente Isla (tempat raja iblis tinggal sebelumnya), di bumi, dia butuh uang agar bisa bertahan hidup. Dan satu-satunya cara mendapatkan uang adalah dengan bekerja.

Oleh karena itu, si raja iblis pun harus rela turun kasta menjadi pegawai di McDonald MgRonald dan menikmati kehidupan sengsaranya di bumi xD

Binbougami ga!

Binbougami ga! bercerita tentang cewek SMA bernama Sakura Ichiko yang memiliki keberuntungan luar biasa.

Dia dikaruniai wajah yang cantik, otak yang jenius, kekayaan yang melimpah, oppai yang *ehmm* dan lain sebagainya.

Tanpa disadari, keberuntungannya tersebut membuat keseimbangan dunia ini goyah.

Oleh karena itu, diutus lah dewa gembel bernama Binboda Momiji untuk menyedot keberuntungan Ichiko agar dunia bisa kembali seimbang seperti semula.

..Sudah pasti Ichiko tidak mau menyerahkan keberuntungannya tersebut secara cuma-cuma. Mau tidak mau, Momiji pun harus mengambil keberuntungan Ichiko secara paksa.

Alhasil, pertengkaran gak jelas pun menjadi rutinitas sehari-hari mereka berdua.

Sakurasou no Pet na Kanojo

Anime ini bercerita tentang kehidupan penghuni asrama Sakurasou. Asrama tempat penampungan murid-murid bermasalah di SMA Suimei.

..Shiina Mashiro adalah salah satu penghuni asrama tersebut.

Sekilas, dia terlihat seperti murid normal pada umumnya. Namun ternyata, dibalik penampilannya yang elegan, Shiina tidak bisa mengurus dirinya sendiri.

Mau tidak mau, Kanda Sorata pun harus mengurusinya mulai dari bangun tidur, ganti pakaian, sarapan, nyuci sempak, berangkat sekolah dan lain sebagainya.

Gokil banget deh pokoknya. Ngegemesin bukan maen. Kepolosan Shiina bener-bener bikin gw gak bisa berenti ketawa.

Sudah tidak mengherankan lagi jika Sakurasou no Pet na Kanojo berhasil masuk kedalam list anime comedy terbaik kali ini.

Shirobako

Bagi kalian yang sudah nonton puluhan atau bahkan ratusan judul anime, pasti pernah penasaran kan tentang gimana sih proses pembuatan anime itu..?

Kalo iya, coba deh nonton Shirobako..

..Shirobako bercerita tentang cewek super duper cakep yang bernama Miyamori Aoi. Saat SMA, dia bercita-cita untuk bekerja di industri anime.

2 tahun sudah berlalu. Cita-cita Aoi pun sudah tercapai. Kini dia bekerja sebagai Production Assistant di studio Musashino Animation.

Namun ternyata, bekerja di industri anime itu tidak seindah dengan apa yang Aoi bayangkan sebelumnya.

Setiap hari selalu saja ada masalah yang menimpa dirinya. Ntah itu rekan kerja yang gak kompeten, director yang sering ngaret dan lain sebagainya.

Pokoknya seru abis deh. Selebihnya silahkan saksikan sendiri kisah kehidupan sehari-hari Aoi yang penuh tawa dan juga haru.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Anime ini bercerita tentang seorang shoujo mangaka bernama Nozaki Umetarou.

Berkebalikan dengan shoujo mangaka pada umumnya, yang notabene-nya ahli dalam hal percintaan, Nozaki sama sekali tidak mengerti akan hal itu.

Bahkan, ketika ada teman sekolahnya yang menyatakan cinta kepadanya, ntah kenapa hubungan mereka berdua malah berujung ke hubungan antara mangaka ke asistennya. Bukan sebagai pacar.

Nozaki mah emang gitu orangnya. Bahlul bin dungu deh pokoknya xD

Dan bukan cuma Nozaki aja. Masih banyak karakter-karakter lain yang gak kalah koplak dan sudah pasti bakal bikin para penonton ngakak guling-guling.

Barakamon

Barakamon bercerita tentang kaligrafer muda bernama Handa Seishuu.

Sebagai hukuman karena telah menghajar kaligrafer tua yang mengkritik karyanya, dia dikirim oleh ayahnya ke suatu pulau kecil yang jauh akan keramaian kota.

Dengan tujuan agar Handa bisa menenangkan diri, lebih bisa mengontrol emosinya, sekaligus meningkatkan skill kaligrafinya disana.

Sayangnya sulit bagi Handa untuk melakukan hal-hal tersebut. Boro-boro ningkatin skill, untuk menenangkan diri aja susahnya naudzubillah.

Tiap kali dia mau bikin kaligrafi, pasti selalu hadir bocah laknat bernama Kotoishi Naru yang siap mengganggunya xD

Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang suatu penyakit yang disebut Chuunibyou.

Emang penyakitnya itu kaya gimana..?
Kalo mau tau, tonton aja animenya. Kalo dijelasin takutnya nanti jadi gak seru lagi.

..Fokus ceritanya sendiri berkisah tentang kehidupan anak SMA yang bernama Togashi Yuuta.

Saat SMP, Yuuta pernah jadi pengidap chuunibyou. Dan sekarang, dia ingin tobat dari dunia per-chuunibyou-an.

Tapi sayangnya takdir berkata lain. Kayanya Yuuta emang belom diizinin untuk tobat.

Di SMA barunya, dia malah dipertemukan dengan seorang cewek super koplak yang bernama Takanashi Rikka.

Gak usah jauh-jauh dari sifatnya, dari penampilannya aja udah keliatan jelas kalo Rikka itu pengidap chuunibyou stadium 4.

Udah gak ada obat pokoknya xD

Bokura wa Minna Kawaisou

Bokura wa Minna Kawaisou bercerita tentang murid SMA bernama Usa yang memilih untuk tinggal sendiri (ngekos) ketika orang tuanya di-pindah-kerja-kan ke luar kota.

Alasannya, karena dia punya kenangan buruk semasa SMP-nya. Dan dengan jadi anak kos, dia berharap agar bisa menemukan kehidupan baru yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Namun, harapannya tersebut sirna seketika saat dia tau kalo penghuni kosannya itu orang-orang aneh semua.

Mirip-mirip sama Sakurasou no Pet na Kanojo gitu deh pokoknya..

Sama-sama menceritakan kehidupan orang-orang aneh di suatu asrama/kosan campuran. Dan juga sama-sama bergenre romance-comedy.

Udah gitu main heroine-nya sama-sama cakep pula xD

Amagi Brilliant Park

Amagi Brilliant Park bercerita tentang seorang pemuda super narsis bernama Kanie Seiya.

Suatu hari, gak ada angin gak ada ujan, murid pindahan di sekolahnya yang bernama Sento Isuzu, menodongkan senapan ke arahnya lalu mengajaknya kencan.

Karena terdesak, Seiya pun tidak punya pilihan lain selain menuruti kemauan Isuzu untuk berkencan dengannya ke Amaburi Park..

..Sebuah Amusement Park yang kumuh, tak terawat, dengan fasilitas serta pelayanan yang menyedihkan dan tentu saja sepi pengunjung.

Disana Seiya bertemu dengan manajer Amaburi Park yang memintanya untuk menyelamatkan Amaburi Park dari ambang kehancuran.

Karena tidak bisa menolak permintaan loli yang terkutuk, pada akhirnya Seiya pun bersedia untuk menyelamatkan taman tersebut.

Gintama

Gintama mengambil setting tempat di dunia fiksi dimana Jepang sedang dijajah oleh Bangsa Amanto, sebutan untuk bangsa alien di anime ini.

Untuk jalan ceritanya *mohon maaf* gw gak bisa ngomong apa-apa, soalnya gw sendiri gak nonton animenya xD

Cuma yaa gak afdol banget kan kalo bikin list anime comedy terbaik tapi gak ada gintama didalamnya..?

One Punch Man

Kayanya tanpa dijelaskan pun udah pada tau deh One Punch Man ini bercerita tentang apa..

Yup. Anime ini berkisah tentang pemuda gundul bernama Saitama yang menjadi hero hanya untuk senang-senang saja.

Bukan karena pengen jadi hokage, bukan karena pengen jadi raja bajak laut, bukan karena pengen ngebunuh semua titan yang ada di muka bumi, dan lain sebagainya.

Cuma karena hobi aja. Titik.

..Satu hal yang membedakan Saitama dengan karakter anime action pada umumnya, yaitu dia sudah diceritakan sebagai karakter yang kuat sejak episode pertamanya.

Bahkan, saking kuatnya si botak jahanam ini, semua lawan yang ditemuinya bisa dikalahkan hanya dengan sekali pukul.

Makanya anime ini diberi nama One Punch Man. Atau bisa juga diartikan ke dalam bahasa indonesia menjadi Sekali Tonjok Meninggal.

Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona bercerita tentang puteri kerajaan bernama Yona yang dikhianati oleh orang yang ia cintai.

Suatu malam, dia melihat lelaki yang amat dicintainya itu membunuh ayahnya guna mengambil alih tahta kerajaan.

Sebagai saksi mata, Yona pun nyaris menjadi korban. Beruntungnya, salah satu pengawal kerajaannya berhasil menyelamatkan dan membawanya keluar dari istana.

Insiden tersebut membuat Yona bertekad untuk membalaskan dendam ayahnya.

Dia pun memutuskan untuk berpetualang mencari pasukan yang bersedia membantunya untuk merebut kembali kerajaan ayahnya.

..Sekilas, mungkin lebih terlihat tragis daripada kocak.

Yup betul. Tapi percaya deh, petualangan Yona itu selalui dibumbui dengan kekonyolan demi kekonyolan yang gak jarang bisa bikin kita ngakak gak karuan.

Non Non Biyori

Anime ini bercerita tentang Ichijou Hotaru, murid kelas 5 SD yang pindah rumah dari kota ke desa karena pekerjaan orang tuanya.

Disana dia bertemu dengan Miyauchi Renge, Koshigaya Komari, Koshigaya Natsumi dan kemudian berteman baik dengan mereka.

#UdahGituAja #BingungMauNulisApaLagi

Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamada-kun to 7-nin no Majo bercerita tentang kisah hidup dua orang murid SMA dengan kepribadian yang saling berkebalikan satu sama lain.

Yang Pertama Yamada Ryuu. Tipikal cowok delinquent di anime : bego, doyan tawuran, sering telat dateng ke sekolah dan tentu saja jomblo.

Yang Kedua Shiraishi Urara. Tipikal cewek yang cocok sama gw gitu deh : cakep, pinter, berkepribadian baik dan anehnya, dia juga jomblo.

Suatu hari, ada insiden misterius yang membuat mereka bertukar tubuh.

Dan reaksi mereka saat tau kalo tubuhnya tertukar itu dijamin bisa bikin kalian banting-banting mouse sendiri. Kocak parah soalnya.

Selanjutnya mereka pun bekerja sama untuk mencari cara agar tubuh mereka bisa kembali seperti semula sekaligus mencari tau kenapa tubuh mereka bisa tertukar.

Yang ternyata disebabkan oleh... #TontonSendiri :P

K-ON

Sebagai anime yang mengambil tema musik, K-ON punya segudang lagu bagus yang rasanya mubadzir banget kalo gak didownload.

Dan sebagai anime komedi, K-ON juga punya segudang humor yang simpel namun mampu membuat gw tertawa terbahak-bahak.

Ceritanya sederhana. Hanya menceritakan kehidupan fuwa-fuwa ala Hirasawa Yui dan kawan-kawan yang tergabung dalam klub musik bernama Houkago Tea Time.

Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai

OreImo bercerita tentang kehidupan Kousaka Kyousuke yang sudah bertahun-tahun tidak pernah akur dengan adiknya sendiri.

Suatu hari, secara tidak sengaja Kyousuke mengetahui kalo adiknya itu seorang otaku garis keras, yang ahli di bidang per-eroge-an.

Tentu saja hal itu membuat Kyousuke kaget. Karena pada dasarnya, adiknya itu terkenal sebagai murid teladan yang perfect dalam segala bidang.

Namun, setelah mengetahui fakta tersebut, justru hubungan keduanya berangsur-angsur membaik. Bahkan sampai ke tingkat hubungan yang dilarang agama.

Mangaka-san to Assistant-san to The Animation

No Pantsu No Laifu~

Anime ini bercerita tentang pemuda bejat bernama Aito Yuuki yang mendedikasikan dirinya untuk menjadi mangaka sebagai bentuk kecintaannya terhadap pantsu.

Hmmm apalagi ya. Bingung asli xD

Yang jelas, anime ini cocok buat lo lo pada yang demen sama komedi-komedi ecchi tentang pantsu dan "sekitarnya".

Danshi Koukousei no Nichijou

Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang kesehariannya anak SMA.

Tidak ada tujuan spesifik kemana arah jalan ceritanya mengalir. Karena memang tujuan anime ini hanya untuk komedi semata.

Meski begitu, anime ini dipenuhi dengan kejadian-kejadian kocak yang sering kali dialami anak SMA pada umumnya.

Dan ntah kenapa, selain bikin kita ngakak, anime ini juga sukses berat bikin kita bernostalgia betapa suramnya indahnya masa-masa SMA dulu.

Baka to Test to Shoukanjuu

Anime ini mengambil latar tempat di suatu sekolah yang membagi muridnya kedalam suatu kelas berdasarkan tingkat kepintarannya.

Maksudnya gini, kelas A itu diisi oleh orang-orang yang cerdas sedangkan kelas F itu diisi oleh orang-orang yang goblog.

Dan fasilitas tiap kelas pun berbeda-beda. Kelas A punya fasilitas layaknya hotel bintang 5 sedangkan kelas F, yaa bisa lo tebak sendiri lah busuknya itu kaya gimana xD

..Ceritanya sendiri berkisah tentang anak-anak kelas F yang sudah muak dengan kondisi kelasnya yang memprihatinkan dan mencoba untuk mengalahkan anak-anak kelas lain agar bisa mendapatkan fasilitas kelas yang lebih baik.

Prison School

Anime ini bercerita tentang 5 cowok paling beruntung yang bersekolah di suatu sekolah yang mayoritas muridnya adalah cewek.

Kenapa gw bilang paling beruntung..?
Soalnya cuma mereka berlima doang murid cowok yang ada di sekolah tersebut.

..Suatu hari, mereka berencana untuk mengintip cewek-cewek yang sedang mandi.

Namun sayang, usaha mereka berhasil digagalkan oleh Underground Student Council (U.S.C), suatu organisasi yang paling disegani di sekolah tersebut.

Akibatnya, mereka pun dimasukkan kedalam penjara sekolah dan menjalani kehidupan baru mereka sebagai tahanan.

Lebih dari itu, tanpa mereka sadari, para member U.S.C secara diam-diam berusaha sedemikian rupa agar bisa mengeluarkan mereka berlima dari sekolah tersebut.



Yap itulah 20 anime comedy terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton

Oiyaa, barangkali ada dari kalian yang ingin merekomendasikan anime comedy yang tidak masuk kedalam list diatas, silahkan tulis judul animenya di kolom komentar yang sudah disediakan.

Akhir kata, makasih udah mampir :)